Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (diskusi atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai seperti komputer, java, php, mysql, dll. Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus!
- Bagi Anda yang ingin mendaftar, baca link berikut:
http://diskusiweb.com/discussion/50491/how-to-registrasi-diskusiweb-com-baca-ini-terlebih-dahulu
- Cara menyisipkan kode program supaya tampil rapi dan terformat dengan baik di diskusiweb.com: http://www.diskusiweb.com/discussion/50415/cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb-com
- Cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1
http://diskusiweb.com/discussion/50491/how-to-registrasi-diskusiweb-com-baca-ini-terlebih-dahulu
- Cara menyisipkan kode program supaya tampil rapi dan terformat dengan baik di diskusiweb.com: http://www.diskusiweb.com/discussion/50415/cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb-com
- Cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1
Cara Membuat Game Android (Bagian Pertama) (II)
Pada saat ini StartingClass.java akan seperti berikut:
TAHAP 5 MENENTUKAN SIZE, BACKGROUND DAN TITLE
Pada tahap 2 kita telah membahas method berikut init(), start(), stop(), dan destroy(). Empat metode ini dijalankan berdasarkan life cycle suatu program. Pada tahap ini kita akan membahas method init(). Pada method ini kita akan menentukan paramater untuk applet yakni:
package kiloboltgame;
import java.applet.Applet;
public class StartingClass extends Applet implements Runnable {
@Override
public void init() {
}
@Override
public void start() {
Thread thread = new Thread(this);
thread.start();
}
@Override
public void stop() {
// TODO Auto-generated method stub
}
@Override
public void destroy() {
// TODO Auto-generated method stub
}
@Override
public void run() {
while (true) {
repaint();
try {
Thread.sleep(17);
} catch (InterruptedException e) {
e.printStackTrace();
}
}
}
}
TAHAP 5 MENENTUKAN SIZE, BACKGROUND DAN TITLE
Pada tahap 2 kita telah membahas method berikut init(), start(), stop(), dan destroy(). Empat metode ini dijalankan berdasarkan life cycle suatu program. Pada tahap ini kita akan membahas method init(). Pada method ini kita akan menentukan paramater untuk applet yakni:
- Ukuran (size) dari applet;
- Warna background;
- Judul (title) applet.
Kita akan menambahkan kode berikut pada method init():
- setSize(800, 480); Ukuran 800 pixels x 480 pixels adalah ukuran yang biasa digunakan pada android
- setBackground(Color.BLACK); Color.BLACK mengacu pada BLACK di superclass Color dan harus diimpor terlebih dulu:
- setFocusable(true);
Dengan menambahkan statement ini, pada saat game dimulai applet dapat
berfungsi dan menerima langsung input dari anda. Jika tidak ditambahkan,
anda harus mengklik ke dalam applet sebelum dapat menerima instruksi
dari keyboard. - Frame frame = (Frame) this.getParent().getParent();
frame.setTitle(“Q-Bot Alpha”);
Anda harus mengimpor frame terlebih dahulu untuk membuat sebuah obyek bernama frame. Baris pertama menunjukkan window applet ditempatkan pada variabel frame dan baris kedua menetapkan judul atau title menjadi Q-Bot Alpha
Pada tahap ini, anda akan melihat:
package kiloboltgame;
import java.applet.Applet;
import java.awt.Color;
import java.awt.Frame;
public class StartingClass extends Applet implements Runnable {
@Override
public void init() {
setSize(800, 480);
setBackground(Color.BLACK);
setFocusable(true);
Frame frame = (Frame) this.getParent().getParent();
frame.setTitle("Q-Bot Alpha");
}
@Override
public void start() {
Thread thread = new Thread(this);
thread.start();
}
@Override
public void stop() {
// TODO Auto-generated method stub
}
@Override
public void destroy() {
// TODO Auto-generated method stub
}
@Override
public void run() {
while (true) {
repaint();
try {
Thread.sleep(17);
} catch (InterruptedException e) {
e.printStackTrace();
}
}
}
}
Sampai disini dulu bagian pertama dari cara membuat game Android dengan menggunakan Java applet dan Eclipse. Pada bagian keduaakan dibahas cara menambahkan user input dan konsep awal membuat robot dalam game.
Comments