Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (diskusi atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai seperti komputer, java, php, mysql, dll. Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus!
- Bagi Anda yang ingin mendaftar, baca link berikut:
http://diskusiweb.com/discussion/50491/how-to-registrasi-diskusiweb-com-baca-ini-terlebih-dahulu
- Cara menyisipkan kode program supaya tampil rapi dan terformat dengan baik di diskusiweb.com: http://www.diskusiweb.com/discussion/50415/cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb-com
- Cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Penerapan XML secara nyata di Indonesia

sama aku juga gak terlalu ngerti kegunaannya XML.

Memang aku udah belajar sedikit soal XML. Tapi gak terlalu ngerti kegunaannya juga sih.
Tagged:

Comments

  • sama aku juga gak terlalu ngerti kegunaannya XML.

    Memang aku udah belajar sedikit soal XML. Tapi gak terlalu ngerti kegunaannya juga sih.
  • Banyak yg bilang bahwa XML akan menggantikan posisi HTML sebagai bahasa standar di Internet. Sebenarnya banyak yang bilang kalo belajar XML saat ini bisa memberikan banyak keuntungan, khususnya untuk menambah wawasan di bidang Web. Tapi semua itu juga kata orang loh... :P
  • Kalau dibilang pengganti HTML sih aku kurang setuju. Kan banyak di tutorial XML yg bilang kalo XML gak akan menggantikan HTML. Kecuali XHTML.

    Menurutku sih XML itu seperti sebuah standar pengiriman data. Tapi aku masih belom bisa menjelaskan lebih jauh, soalnya masih belajar nih. ;)
  • Wah kok masih belum ada yang bisa memaparkan ya...
    Tapi saya saat ini sudah terbuka sedikit mengenai implementasi XML...
    XML bisa jadi template untuk tampilan web, bisa untuk data berita/syndicate news misalnya dari detik.com nyediain xml untuk web lain yang ingin menampilkan berita dari detik.com, kemudian xml bisa untuk nyimpan data konfigurasi (misalnya untuk Application Server Java maupun platform .NET), bisa untuk fungsi web service baik request maupun response bisa berupa xml...

    Tapi ya itu.. kalo di Indonesia ada yang sudah bener-bener nerapin dan merasakan manfaatnya XML nggak?
  • Wah kok masih belum ada yang bisa memaparkan ya...
    Tapi saya saat ini sudah terbuka sedikit mengenai implementasi XML...
    XML bisa jadi template untuk tampilan web, bisa untuk data berita/syndicate news misalnya dari detik.com nyediain xml untuk web lain yang ingin menampilkan berita dari detik.com, kemudian xml bisa untuk nyimpan data konfigurasi (misalnya untuk Application Server Java maupun platform .NET), bisa untuk fungsi web service baik request maupun response bisa berupa xml...

    Tapi ya itu.. kalo di Indonesia ada yang sudah bener-bener nerapin dan merasakan manfaatnya XML nggak?

    memang detik.com nyediain fasilitas begitu ?
    Kalau ya caranya gimana ? Soalnya aku cari - cari di detik.com nggak ada penjelasannya soal itu.
  • kan saya menerangkan dengan "misalnya"... ;)

    tetapi setahu saya ada situs luar negeri yang sudah menyediakannya...
  • wah.. saya udah pelajari tehnik XML SEDIKIT. XML itu akan jadi core untuk semua data yang ditransfer baik ke Browser (menjadi HTML), atau HandPhone (WML) bahkan ke PDA. So, data yang sama bisa dibuka dan ditransfer ke semua device termasuk pertukaran informasi/data. Itu salah satu kehebatan teknologi XML.

    Pada dasarnya XML berbentuk Database ringan tapi powerful. Banyak dipake untuk kebutuhan pembuatan portal kayak detik.com, atau personalization web.

    Banyak deh gunanya, baca abis semua referensi yang ditampilkan oleh www.google.com

    Enaknya pake xml standard dan bisa dipake di semua web server termasuk ASP, JSP, CFM, HTML.
  • wah saya kurang setuju dengan candrawhykey yang tertanggal 25/10/01. yang saya tahu XML itu embeded terhadap HTML. Dan salah satu keunggulan XML adalah XML familiar terhadap PHP dan MySQL, sehingga dapat dipastikan koneksi dengan databasenya sangat kuat
  • Boleh saya bertanya apakah XML bisa dipakai untuk membuat sebuah situs web secara mandiri maksudnya hanya dengan tag tag XML saja atau perlu dukungan bahasa html juga?
  • XML kalau gak salah dari tahun lalu diterapkan di server perpustakaannya ITB, gak tahu tuh sekarang, soalnya saya pernah ke situs library ITB, disana diterangkan bagaimana membuat XML untuk dokumen library mereka.
  • coba dech link ini, semoga membantu.... saya masih bingung dan belum menguasai XML (soalnya bingung dimana sebenarnya aplikasi itu diterapkan)...

    [url]http://idln.lib.itb.ac.id/Open.html?target=tech/indonesiadln_metadata_etd_1_1.html [/url]
  • YAng saya tau.... XML itu singkatan dari eXtensible Markup Language...:)
    terus...
    XML mirip atau bahkan terlihat sama seperti HTML, kedua-duanya diambil dari Standard Generalize Markup Language (SGML) => Standar International untuk mendifinisikan struktur dan isi dari dokumen-dokumen elektronik, terus lagi....Baik HTML maupun XML menggunakan ‘<’, ‘>’ dan ‘&’ dalam peng’coding’annya.
    mohon Revisinya yah...
  • Kalau ada yang sudah mengerti dan bisa XML di diskusiweb ini, Mohon Dikirimkan Tutorial dasar Mengenal XML dan sintax-sintax dasar "Hello World"
    +++++++++++++++++++++++++++
    seperti yg dikatakan peterkambey itu kayaknya hebat sekali! satu Dokumen XML kalo diakses lewat Browser Langsung Berubah jadi Code HTML truss lewat Handphone Langsung berubah jadi Code WML / WAP wahhh hebat Buanget!!! Tapi bener gak..??
    +++++++++++++++++++++++++++
  • XML

    XML TIDAK MENGGANTIKAN POSISI HTML. Yang ada adalah pengembangan HTML menjadi XHTML. Ini pun formatnya hanya berbeda sedikit yaitu penutup pada tag single. Kayak <br> (HTML) menjadi <br/>. Istilahnya inheritance dari HTML.

    XML mengijinkan seseorang untuk membuat spesifikasi sendiri terhadap aplikasinya. Makanya ada istilah XML parser. Contohnya : AbiWord memakai XML.

    Kalo ada aplikasi yang menggunakan XML format maka aplikasi lain bisa menggunakannya TANPA harus mengetahui/menghack bagaimana format tersebut diload. Soalnya dia bentuknya Text

    Untuk web bisa dijadikan sebagai format antar device WML contohnya yang udah nerapin XML sebagai format standar. Makanya ada yang namanya WAP gateway, di bakal parsing isi dari XML kemudian di compile agar bisa ditampilkan di Device.

    Buanyak deh gunanya. XML bagi gue adalah spesifikasi format untuk penyimpanan data (kalau gue buat aplikasi), transfering data (rubah data dari database mysql ke XML, kemudian transfer ke server lain dengan XML, diparse lagi kemudian dijadikan database pada MySQL lainnya) ... buanyak khan?.

    Yang jelas harus kita mesti membuat DTD (Defintion Type Data) ... kl mau membuat hal ini nyata ...

    Ini adalah kesimpulan gue setelah gue bingung selama 2 tahun (dari tahun 1999) gue tahu XML, belajar, dan mampus. hehehe ... saat ini gue sendiri belum memakai XML secara penuh.
  • jadi sbenarnya cuma format data yg enak dibaca, yang jelas aturannya, yang engga aneh2.. sehingga data yang dibawa gampang dipertukarkan..

    tul gak???
  • Dari http://www.w3.org/XML/ dikatakan:
    Extensible Markup Language (XML) is a simple, very flexible text format derived from SGML (ISO 8879). Originally designed to meet the challenges of large-scale electronic publishing, XML is also playing an increasingly important role in the exchange of a wide variety of data on the Web and elsewhere.
  • xml ?

    wah gw cuma pake xml untuk web.config
  • XML, saya suka banget. Saya terpesona dengan RDF dan konsep semantic web. A better future for internet .. menurut saya. Unutk pertukaran data universal saja XML sudah sgt mengagumkan, implementasinya sgt luas .. mulai dr desktop app sampe web based .. XML is definitely *cool*!
  • Implementasi pertukaran data memang jadi jauh lebih mudah. Data diterima sesuai standard dengan bentuk database sehingga mudah diolah. Contohnya realnya amazon.com menyediakan xml feed bagi affiliate yang ingin menjual produk-produk mereka. Dari sisi affiliate, cukup dengan sedikit web programing pada website untuk mengolah data dari amazon xml feed, maka website bisa menampilkan data produk dari amazon secara real time dan automated! Hehehe.. lumayan lho buat para webmaster bisa jualan barang amazon (website selalu ter-update dengan bantuan xml) buat tambah - tambah duit jajan..
  • Kalo cuma untuk dapatkan data dari database situs lain, dengan gunakan javascript dan asp aku juga bisa!

    Originally posted by edwinarif
    Implementasi pertukaran data memang jadi jauh lebih mudah. Data diterima sesuai standard dengan bentuk database sehingga mudah diolah. Contohnya realnya amazon.com menyediakan xml feed bagi affiliate yang ingin menjual produk-produk mereka. Dari sisi affiliate, cukup dengan sedikit web programing pada website untuk mengolah data dari amazon xml feed, maka website bisa menampilkan data produk dari amazon secara real time dan automated! Hehehe.. lumayan lho buat para webmaster bisa jualan barang amazon (website selalu ter-update dengan bantuan xml) buat tambah - tambah duit jajan..
  • Gw punya web namanya doneeh.com, isinya web tools gratisan buat website website pribadi,.. yah semacam bravenet lah. Awalnya sih standar pake php dan mysql doang, dengan member sedikit (kurang lebih 1000) masih enteng, bw kecil, dan load server kecil. Tapi sekarang dengan member sekitar 8000an, udah kerasa berat, lelet dan server load makin tinggi.

    Akhirnya gwe pindah ke XML yang katanya bisa mengatasi masalah gwe (maklum hostingnya virtual dengan spec yang minim). Setelah xml di terapkan, optimasi bisa hingga 50%, yang tadinya server load gede jadi berkurang, mysql query load jadi kecil karena query jadi lebih sedikit, tapi dampaknya space jadi nambah soalnya tiap member ada beberapa file xml, jadi ada sekitar 14.000 lebih file xml yang masing2 rata-rata 10kb perfile.

    Intinya, xml bisa menggantikan fungsi mysql dalam penyimpanan data (walau tidak semua) dan dilain sisi, xml bisa lebih mengoptimasikan kinerja web.

    Contoh penerapannya sih gak gitu susah, di web gwe ada yang namanya service ShoutBox, shoutbox ini dipasang di web masing-masing member semacam guestbook lah, nah sebelum menggunakan xml, setiap menampilkan shoutbox berarti ada 2 query, 1. Query User (member pemilik shoutbox), 2. Query list Shoutbox (messege). Jika satu website dikunjungi 2 orang dalam waktu bersamaan berarti ada 4 query, itu hanya satu member, dikalikan jumlah member doneeh.com. Akibatnya mysql query load jadi full dan server load juga full.

    Lalu solusinya, yang tadinya harus mengquery database setiap ingin menampilkan Shoutbox digantikan dengan fungsi parsing xml, jadi sudah tidak menggunakan query ke database tapi hanya membaca file xml. Ini lebih ringan dan optimal.

    Penerapan seperti ini bisa juga di lakukan di situs-situs seperti portal yang biasanya menampilkan berita-berita, jika berita-berita tersebut diambil dari xml, jelas akan lebih mengurangi load.

    Ini cuma sebutir kegunaan, keunggulan dan penerapan xml, masih banyak lagi yang bisa kita lakukan dengan xml.

    Ini mesti : http://www.w3.org/XML/

    :D
  • sama nick saya juga blom ngerti soal xml, ini gara-gara si om r3v0lt yg nunjukin situs angkatannya di http://geocities.com/fisikaunpad97 gile pertama aku lihat aku pikir pake database ternyata engga ! nah berangkat dari contoh kecil ini aku mulai tertarik dengan xml, cman yg jadi masalahnya saya lom tau web mana aja yg membahas soal xml secara details plus contoh-contohnya....
  • kayanya udah banyak d, tergnatung pemakainnya seperto apa. tp kebenyakan yg gw liat pengembangannya buat rss feeder
  • XML powerful buat standar pertukaran data. Dulu waktu jaman DOS bla..bla..file txt itu jaminan mutu untuk tuker2an antar aplikasi.

    Sekarang jamannya aplikasi n-tier. Klo tiap aplikasi ga bisa komunikasi dengan aplikasi laen, repot. Makanya dibuatlah standar yang lebih canggih dari sekedar txt tadi. Ya itu tadi XML!! Bikin aplikasi trus mo transfer sesuatu ke aplikasi laen ga pake XML wadooow...

    HARI GINI GA PAKE XML ...hehehe
  • Yang saya tahu nih XML tidak menggantikan HTML , XML sifatnya lebih ke arah fungsionalitas( menyampaikan info ) sedangkan HTML lebih kearah tampilan. XML banyak digunakan untuk mengirimkan info/data yang tidak bisa disebarkan melalui bahasa HTML misalnya info DNA atau pun stuktur Kimia sampai bait bait puisi. Salah satu contoh nyata nya adalah bahasa WML yang digunakan untuk perangkat Wireless Gitu Loooooooooh. Contoh lin ada MathML, Chemical MarkUp Language. :D:D
  • HARI GINI GA PAKE XML ...hehehe

    Iya dech, perasaan XML itu, di Indonesia sekalipun, dah banyak bertebaran. Mo bukti??, Coba hitung ada berapa bnyk orang Indonesia yang senangannya ngeblog? Nah liat aja tuh, mereka semua rata2 punya RSS yg tidak lain adalah variannya XML. Belum lagi jenis2 turunan XML yang lain, khususnya buat distributed computing kyk SOAP ato XML-RPC. Seperti kata si tikus balap sekarang kan jamannya n-tier :D
    Gw punya web namanya doneeh.com, isinya web tools gratisan buat website website pribadi,..

    btw, promosi nich yee........ huaahahaahhahahah :P

    Numpang promosi juga ya..... http://wdcreezz.com
    hehehehehhehe ehe ehehehe
  • Originally posted by notepadx
    xml ?

    wah gw cuma pake xml untuk web.config

    klo aku pake xml cuma untuk mbuat RSS feeder aja.

    tapi mungkin ntar mo kupake juga untuk sistem database script2 PHP yang aku buat..
  • kalo mau belajr yg simpel2 dulu, ada tuh tutorialnya di kirupa.com (sekitar 40 hal) cari yng bagian" php xml flash" akan terlihat kemampuan xml menangani data
  • Sekedar informasi tentang keuntungan penggunaan XML :
    * Format yang berupa standar terbuka.
    * Fasilitas DOM untuk modifikasi dokumen dan interaksi dengan pengguna.
    * Lebih hemat bandwith.
    * Extensible dengan berbagai teknologi di server (servlets, JSP, ASP, PHP, Pearl dll).
    * Konfigurasi sistem klien yang generik dan fleksibel.
    * Penerapan konsep pemisahan isi dari style, berarti memudahkan manajemen data.
    * Klien yang berdasarkan pada interface standar memungkinkan koneksi ke berbagai server, database, web service dll.
    * Data yang terdistribusi di berbagai tempat dapat diekstrak kemudian diintegrasikan secara mudah, selama tetap menggunakan format pertukaran standar.
    * Membuka peluang bagi terciptanya Sistem Informasi Kolaboratif.
  • XML = meta languange.. kok gak ada yang nyebutin ini ?

    definisi lainnya ada di posting2 sebelumnya. jadi gw nulis yang belum aja ya...

    terdiri dari XML, DTD, XSLT <lainnya lupa>


    DTD - data type document - mendefinisikan struktur dokumen XML

    XSLT untuk mentransform satu format ke format yang lain.

    malam ini gw mau bikin tugas tentang itu.
    ambil database dari Oracle, MySQL dan XML, semuanya disatuin ke satu database baru..


    nanti kalo dah selesai gw tambahin disini yaa...

    ciao:o
  • oke ini saya akan berbagi pengalaman penggunaan XMl di Indonesia.

    disini saya akan gabungkan dengan menggunakan WEb Service karena keduanya saling melekat dan susah utk dipisahkan.

    XML yang menjadi dasar bahasa dalam web service merupakan teknologi masa depan.

    sekarang ini saya membuat aplikasi management stock dan sistem informasi yang lain dalam perusahaan nasional di indonesia.

    aplikasi ini diakses secara bersamaan dan online (aplikasi ini berupa aplikasi desktop)

    saya bekerja sama dengan telkom sebagai pihak penyedia jaringannya.

    ketika ada banyak sekali permintaan akan perusahaan untuk bisa melakukan komunikasi antar aplikasi ditempat yang berbeda dengan harga yang murah menjadikan impian bagi saya untuk mewujudkannya.

    sebelumnya dicoba dengan web aplikasi ternyata terbentur dalam masalah bandwitdh karena dengan web aplikasi akan membutuhkan banyak bandwidth yang sebenarnya tidak perlu. i hate web application.

    kemudian ketemulah dengan web service

    setelah kenalan ternyata oke, sebab ketika waktu itu saya dah bersyukur bisa meng-on line kan aplikasi desktop.

    setelah itu aq dipaksa oleh web service untuk mengajak kenalan juga dengan XML walau pertamanya aq agak takut2.

    setelah beberapa hari kemudian aq kenalan akhirnya kenal juga.

    namun ingat..... jangan asal2an, karena dengan membuat design XML yang g bener alias asal2an yang kebanyakan orang lakukan akan membuat aplikasi sama juga bohong karena tidak bisa efektif juga menggunakan bandwidth.

    yang jadi masalah disini adalah kita harus hati2 dalam menciptakan suatu tag.

    jangan asal buat tag.... misalkan jika ada field dalam suatu tabel dengan nama field[Pendapatan per kapita] kemudian untuk design tag-nya juga sama maka aku katakan orang itu orang yang g bisa baca jalan..... emang jalan tu jalan mbahnya.... he........2x


    kalau bisa dalam membuat tag diperhatikan, sebisa mungkin malah di kodekan, kemudian ketika diextarct baru di decode lagi.

    jika konsep ini dipakai ini baru bener2 bisa hemat bandwidth, tapi kalai ini aja g bisa jangan sentuh XML deh.... jadi semrawut ntar malahan.


    intinya XML bisa digunakan untuk aplikasi management report dan management stock dengan mendekati real time.

    saya dah buktikan dengan bandwidth dial up 31.5kbs terasa sama dengan speedy.
  • xml bisa jadi pondasi buat bikin web semantic , diindonesia ud banyak website yg pake xml buat data bindingnya, contonya penerapan RSS Feeding dan RDF, Seperti banyak diliat di blog
  • Originally posted by hebiryu
    XML = meta languange.. kok gak ada yang nyebutin ini ?

    definisi lainnya ada di posting2 sebelumnya. jadi gw nulis yang belum aja ya...

    terdiri dari XML, DTD, XSLT <lainnya lupa>

    DTD - data type document - mendefinisikan struktur dokumen XML

    XSLT untuk mentransform satu format ke format yang lain.

    malam ini gw mau bikin tugas tentang itu.
    ambil database dari Oracle, MySQL dan XML, semuanya disatuin ke satu database baru..


    nanti kalo dah selesai gw tambahin disini yaa...

    ciao:o

    tambahin..
    XML Schema - mirip seperti dtd tp bisa mendefinisikan data type(format tanggal misalnya)

    Relax NG - sejenis XML schema yg digunakan utk menvalidasikan XML instance doc.. dan dia berbasis pattern.. (kalo xml schema simple ato complex)

    SAX (simple API for XML) - digunakan utk parse XML file..

    SVG(scalable vector graphics) - buat gambar grafik 2D pake XML

    XForms - digunakan utk menggantikan html form

    ----
    buku yg bagus utk belajar (tp bahasa english)
    Beginning XML 3rd edition
    publisher: wrox
  • aku masih newbie bgt ni di XML

    ada yang punya contoh aplikasi host2host dengan xml dan PHP ??

    kalo ada share dong...
    please
  • Originally posted by doneeh
    Gw punya web namanya doneeh.com, isinya web tools gratisan buat website website pribadi,.. yah semacam bravenet lah. Awalnya sih standar pake php dan mysql doang, dengan member sedikit (kurang lebih 1000) masih enteng, bw kecil, dan load server kecil. Tapi sekarang dengan member sekitar 8000an, udah kerasa berat, lelet dan server load makin tinggi.

    Akhirnya gwe pindah ke XML yang katanya bisa mengatasi masalah gwe (maklum hostingnya virtual dengan spec yang minim). Setelah xml di terapkan, optimasi bisa hingga 50%, yang tadinya server load gede jadi berkurang, mysql query load jadi kecil karena query jadi lebih sedikit, tapi dampaknya space jadi nambah soalnya tiap member ada beberapa file xml, jadi ada sekitar 14.000 lebih file xml yang masing2 rata-rata 10kb perfile.

    Intinya, xml bisa menggantikan fungsi mysql dalam penyimpanan data (walau tidak semua) dan dilain sisi, xml bisa lebih mengoptimasikan kinerja web.

    Contoh penerapannya sih gak gitu susah, di web gwe ada yang namanya service ShoutBox, shoutbox ini dipasang di web masing-masing member semacam guestbook lah, nah sebelum menggunakan xml, setiap menampilkan shoutbox berarti ada 2 query, 1. Query User (member pemilik shoutbox), 2. Query list Shoutbox (messege). Jika satu website dikunjungi 2 orang dalam waktu bersamaan berarti ada 4 query, itu hanya satu member, dikalikan jumlah member doneeh.com. Akibatnya mysql query load jadi full dan server load juga full.

    Lalu solusinya, yang tadinya harus mengquery database setiap ingin menampilkan Shoutbox digantikan dengan fungsi parsing xml, jadi sudah tidak menggunakan query ke database tapi hanya membaca file xml. Ini lebih ringan dan optimal.

    Penerapan seperti ini bisa juga di lakukan di situs-situs seperti portal yang biasanya menampilkan berita-berita, jika berita-berita tersebut diambil dari xml, jelas akan lebih mengurangi load.

    Ini cuma sebutir kegunaan, keunggulan dan penerapan xml, masih banyak lagi yang bisa kita lakukan dengan xml.

    Ini mesti : http://www.w3.org/XML/

    :D
  • Apakah XML itu bisa buat edit data Base pada HP? Kalo emang bisa tolong Dong Ajarin:(
  • Extensible Markup Language (XML) is a simple, very flexible text format derived from SGML (ISO 8879). Originally designed to meet the challenges of large-scale electronic publishing, XML is also playing an increasingly important role in the exchange of a wide variety of data on the Web and elsewhere.

    This page describes the work being done at W3C within the XML Activity, and how it is structured. Work at W3C takes place in Working Groups. The Working Groups within the XML Activity are listed below, together with links to their individual web pages.

    You can find and download formal technical specifications here, because we publish them. This is not a place to find tutorials, products, courses, books or other XML-related information. There are some links below that may help you find such resources.

    You will find links to W3C Recommendations, Proposed Recommendations, Working Drafts, conformance test suites and other documents on the pages for each Working Group. Each document also contains email addresses you can use to send comments or questions, for example if you have been writing software to implement them and have found problems or errors.

    Please do not send us email asking us to help you learn a language or specification; there are plenty of resources online, and the people editing and developing the specifications are very busy. We are interested in technical comments and errata.

    If your organization would like to join the W3C, or if you would like to participate formally in a working group (and have the necessary resources to attend meetings):P
  • ".. Apakah XML itu bisa buat edit data Base pada HP? .."
    bisa saja. tergantung bahasa pemrograman apa yang dipilih dan support tambahan lain seperti xml api karena sifat xml hanya data format saja
  • kk Bahas XML lagi donk... NewBie Banget Nehhh PLZ... Kalo bisa Contoh Scriptnya donk Pake PHP atau VB 6.0
Sign In or Register to comment.