Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (diskusi atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai seperti komputer, java, php, mysql, dll. Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus!
- Bagi Anda yang ingin mendaftar, baca link berikut:
http://diskusiweb.com/discussion/50491/how-to-registrasi-diskusiweb-com-baca-ini-terlebih-dahulu
- Cara menyisipkan kode program supaya tampil rapi dan terformat dengan baik di diskusiweb.com: http://www.diskusiweb.com/discussion/50415/cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb-com
- Cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

dasar j2me

hi all master j2me.


gw wawan.lg blajar j2me nih, kenapa kok j2me cm bisa berjalan pada hp yang mendukung aplikasi java? tlg jelasin secara teknisnya ya.he hee.


oh iya, lagi nih, j2me katanya cm support file musik wav dan midi ya? tp kenapa di ponsel bisa muter musik dengan file mp3? jelasinn lg yang teknis ya.


makasie all

Comments

  • wah gw juga ga tau tuh
  • klu yang midi tu stauq trgantung spek dari hpenya...
    kan ad spek profile setiap hape... MIDP 1.0 sama MIDP2.0
    klu yang MIDP 1.0 cmn gg support multimedia... file musik mp3 sama vidoe....
  • Originally posted by wa123
    hi all master j2me.


    gw wawan.lg blajar j2me nih, kenapa kok j2me cm bisa berjalan pada hp yang mendukung aplikasi java? tlg jelasin secara teknisnya ya.he hee.


    oh iya, lagi nih, j2me katanya cm support file musik wav dan midi ya? tp kenapa di ponsel bisa muter musik dengan file mp3? jelasinn lg yang teknis ya.


    makasie all

    Dear wa123,

    Welcome to the Java ME world :).

    Java ME merupakan teknologi untuk mengembangkan aplikasi berbasiskan mobile phone dengan menggunakan Java. Penggunaan Java inilah yang membuat mengapa aplikasi ini hanya berjalan pada HP yang memiliki support terhadap Java. Aplikasi Java hanya dapat dijalankan dengan keberadaan Java Runtime Environment (JRE) untuk aplikasi desktop. Untuk mobile harus memiliki KVM/CVM.

    Untuk memutar file mp3 biasa menggunakan library lain lagi yang dikembangkan. Dan tidak semua aplikasi di ponsel dikembangkan menggunakan Java ME. Bisa saja menggunakan Symbian, jadi tidak bisa dikatakan bahwa aplikasi di HP tidak dapat memainkan file mp3.

    Semoga Membantu ... :)
  • selamat siang,

    oh begitu mas handra.tlg dikoreksi kata2 saya.
    di j2me kan ada cldc,itu merupakan tempat kvm berada dan paket2/liblari standar java, seperti java lang, io dsbyang dbutuhkan untuk pengembangan aplikasi java kan.
    di j2me jg ada profile dan namanya midp,itu merupakan khas dari dari setiap hap.terdiri dari paket khusus pengembangan j2me, dan tempat paket midlet.

    nanya laagi mas handra,saya pernah coba aplikasi diponsel yang berbeda, satu nokia dan satu se, jd nyebut merk nih. heee, kok tampilan di kedua ponsel terdapat perbedaan,kira2 kenapa ya mas.

    mas boleh minta no ponsel mas bwt tanya2, itu jg klo mas mau .heee


    makasie mas
  • Dear wa123,


    Ya, untuk tampilan memang bisa berbeda-beda, tergantung dari jenis HP-nya. Bahkan kamu bisa menggunakan 2 HP dengan merk yang sama, Nokia misalkan, kamu bisa saja mendapatkan tampilan yang berbeda.

    Itu tidak masalah, karena itu kembali ke bagaimana HP itu menangani interface yang didevelop dengan Java ME. Semua fungsionalitas standard seperti Action akan tetap sama.

    No HP ya? Diskusi lewat forum saja ya... :P ...

    Semoga Membantu ... :)
  • selamat siang mas,

    tampilan beda di hp karena midp dan cldcnya mas.
    bgm tentang tulisan saya tentang cldc dan midpnya, tlg dikoreksi.
    saya masih bingung tentang cldc dan midp
  • Dear wa123,

    Tampilan berbeda bkan masalah di MIDP dan CLDC-nya. Coba saja kamu buat satu interface di MIDP dan CLDC versi tertentu kemudian kamu coba install di hape lain yang memiliki versi MIDP dan CLDC yang sama, interface-nya bisa saja berbeda.

    http://java.sun.com/products/cldc/index.jsp
    http://java.sun.com/products/midp/index.jsp
  • dear mas handra,


    saya buat apliksi buat tampilkan gambar.saya coba di hp teman saya.nokia 6600 dan se k700i yang sama2 midp 2.0(berdasarkan majalah pulsa).tampilan di kedua hp sama cm beda letak commandnya, pdhl sama2 midpnya sama.

    yang sebabkan itu apa ya mas.

    apakah kita dalam buat apliksi diponsel, kita menyesuaikankan spek hp ya mas.


    sorry banyak nanya, soalnya msh bingung aja
  • Letak command berpengaruh. HP yang berbeda akan bisa meletakkan command di tempat yang berbeda. Ambil contoh nokia series 60 akan menambahkan command Exit secara default, sehingga kalau dalam koding kita ada command Exit, maka command itu akan ada dua.
  • betul mas,saya jg alamin yg mas bilang.berarti tampilan bisa beda tergantung dari ponsel yng bersangkutan dimana ponsel itu punya aplikasi java yang dipasang lgs oleh vendor hp ya mas.

    mas bisa terangkan sedikit tentang cldc ma midp,saya tau klo cldc itu paket java standar kaya j2se tp versi simple dan tempat kvm atau cvm berada.
    klo midp itu ciri khas yang membedakan 1 ponsel dengan yang lainnya, ada paket/liblari tentang midlet.tp yang saya bingung,ciri khas yang bagaimana?

    itu yang saya tau tentang cldc dan midp mungkin mas bisa mengkoreksi atau menambahi yang kurang dari midp dan cldc yang saya sampaikan.
  • dear mas harda,


    bagaimana koreksi tentang cldc dan midpnya.



    makasie
Sign In or Register to comment.