Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (diskusi atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai seperti komputer, java, php, mysql, dll. Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus!
- Bagi Anda yang ingin mendaftar, baca link berikut:
http://diskusiweb.com/discussion/50491/how-to-registrasi-diskusiweb-com-baca-ini-terlebih-dahulu
- Cara menyisipkan kode program supaya tampil rapi dan terformat dengan baik di diskusiweb.com: http://www.diskusiweb.com/discussion/50415/cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb-com
- Cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

TA pake vb

Saya ga tau harus masuk kategori yang mana untuk subject ini, tapi karena Tugas Akhir saya rencananya mau menggunakan VB, maka saya masuk topik yang ini saja.

Judul tugas akhir saya adalah Sistem Penunjang Keputusan untuk membantu mengatur keuangan dalam membangun rumah..
yang saya mau tanyakan adalah:
Apakah bisa dari data2 seperti luas bangunan, budget yang dimiliki dan sebuah denah rumah yang dimiliki, kita dapat memberikan pertimbangan bagi user dalam mengambil keputusan sehubungan pembangunan rumahnya?

Output dari sistem ini adalah jenis bahan-bahan bangunan yang sebaiknya digunakan, tipe-tipe pintu, jendela atau kusen yang sebaiknya digunakan, total biaya yang diperlukan, dll, yang telah disesuaikan dengan keadaan user (Budget contohnya

Dari denah rumah yang dimiliki user, nanti user memasukkan informasi2 yang dapat digali dari denah tersebut, seperti banyak pintu, jendela, luas permukaan tiap2 dinding, dll. Nah adakah metode perhitungan yang mendukung supaya dari informasi tersebut kita bisa memutuskan bahwa untuk ngecat perlu cat berapa kaleng, untuk pintu perlu kayu berapa banyak, untuk atap perlu genteng berapa banyak, dll, sehingga dari semua itu sistem dapat memberikan total biaya yang diperlukan lengkap dengan detail biaya masing2 struktur bangunan yang akan dibuat yang tentunya seimbang dengan budget yang dimiliki user? yah lebih dikit gpp..

Dengan sistem ini diharapkan dapat membantu orang yang mau membangun rumah agar nanti mereka tidak kebobolan biaya, kebanyakan terjadi karena terlalu memaksakan untuk menuntaskan selera yang high quality namun dana terbatas, akhirnya komponen lain yang lebih penting jadi terbengkalai (sekarang pintu aja ada yang berharga 1 milyar). Sistem ini memberikan mereka fakta bahwa dengan budget yang mereka miliki sekarang mereka akan mendapat bayangan rumah yang akan mereka bangun nantinya..

Comments

  • wah kayae agak susah tuh. coba pikir dulu user mau bikin rumah model apa?
    kalo cuman gambaran umum sih mkungkin bisa, tapi kalau detail kan harus mikir bentuk/gaya arsitekturnya, belum lagi harga bahan bangunan tu nggak stabil, belum lagi soal cat misalnya, kan tiap merk punya daya tutup dan harga sendiri-sendiri. Mungkin bisa, tapi harus ada fasilitas untuk update data.....

    (cuman sedikit saran aja....:D)
  • Iya, nanti sistemnya rencana ada fasilitas update, untuk update database seperti harga bahan bangunan.
    SPK melakukan pemrosesan data dengan memanfaatkan database yang dimilikinya, jadi sistemnya nanti memiliki database mengenai tipe2 rumah, jenis dan harga bahan bangunan, dll.
    Ruang lingkup SPK ini ga ngurusin masalah arsitektur rumah, desain interior dll. Yang pasti kalo kita ingin bangun rumah tipe ini, luas bangunan segini, jumlah pintu dan jendela segini maka SPK ini bisa ngasih saran apa aja kualifikasi yang bisa user gunakan (disesuaikan dengan keadaan user). Juga ngga ngurusin kalo user mau pintunya ada lobang buat ngintip, kamar mandi ada exhause fan, dll.
  • sebaiknya penunjangnya di ganti pendukung bagaimana mas ubaya?

    kalo mau buat aplikasi sistem seperti itu ngak mesti menggunakan vb tapi bisa juga dengan xl atau acces, kebanyakan menggunakan menggunakan acces karena intinya kan mengolah database, tapi kalo mau membuat pake vb juga bisa karena vb kan hanya alat bantu, tapi saya masih bingung nih pertanyaan mas ubaya belum jelas, kalo data sebagai pertimbangan menentukan keputusan(pertimbangan) jelas bisa mas dengan rule base tentunya ( mas ubaya kirim emilnya aja deh biar bisa lihat flowchartnya)
  • SPK ini berbentuk software yang berinteraksi dengan user, dimana nanti user nginputin data2 yang diminta, lalu berdasarkan data dari user tersebut pogram akan melakukan pemrosesan data memanfaatkan database yang dimiliki disesuaikan dengan data2 inputan user. Makanya saya pake vb untuk membuatnya, kan perlu tombol, textbox, option button, checkbox dll.
    Thanks so much bagi yang udah mereply:)
  • bisa tuuh tinggal main database aja koq...
    kan semua data dah disimpen di database, gitu kan maksudnya, berarti tinggal maen database aja.....
  • Masalah pemrograman dan databasenya saya bisa nanganin, cuma saya kan mhs informatika,n ga tau masalah cara ngitung atau
    ngira2 biaya bikin rumah, sedangkan programnya nanti kan perlu suatu metode perhitungan tertentu yang mungkin cuma didapat anak teknik sipil atau arsitek..

    QUETION:
    Ada ga suatu metode perhitungan dimana dari informasi2 yang diinput user, kita bisa memutuskan bahwa untuk ngecat perlu
    cat berapa kaleng, untuk pintu perlu kayu berapa banyak, untuk atap perlu genteng berapa banyak, dl.
    Sehingga dari semua itu sistem dapat memberikan total biaya yang diperlukan lengkap dengan detail biaya masing2 struktur
    bangunan yang akan dibuat yang tentunya seimbang dengan budget yang dimiliki user?.
    Bahkan nanti juga rencananya user juga dikasih saran2 seperti jenis semen yang sebaiknya digunakan, pintu depan nanti sebaiknya menggunakan kayu jati, kusennya ini, genteng tipe dan kualitas ini, dll(DESAIN INTERIOR TIDAK DIIKUTKAN)..
    Salah satu hambatan yang saya temukan adalah:
    Misal untuk menentukan banyak kaleng cat kan juga harus tau luas daerah setiap dinding yang mau dicat, kalo pada dinding tsb ternyata ada pintunya bearti kan harus dikurangi luas pintu tsb. Pintu kan juga ada engselnya, ada jarak tipis dengan lantai, dinding kiri kanan... waduh rasanya ini bukan kerjaan anak infor kan.. Makanya saya berharap ada suatu metode perhitungannya, kalo ada (mungkin misalnya dipelajari oleh anak tk sipil) saya akan mencari teman untuk dimintai bantuan.. (my Email: i6024214@yahoo.com)
  • ya itulah kendalanya, saya juga cuman tau dari segi programming, dari segi teknik sipil juga gak tau....hehe...

    cari info dari anak teknik sipil aja...

    sori ngak bisa bantu
  • Pake model Pert Type System aja .. satu langkah satu tabel, recordnya udah fix.. plus bantuan array sana sini, gw dulu pernah bikin simulasinya pake Ms.Access doank

    hmm klo Sistem Pendukung Keputusan sih mening nanya2 sm Teknik Industri
  • pke basis pengetahuan tuch....
    mungkin dkit2 pke AI (Artificial Intelegence) gethoww !!!
    coz sistem aplikasi-nya d'bkin bs mkir....;)
  • sama nieh mas,..
    saya jg bkn SPK gt,..
    tp bingung buatnya..
    hehehe
Sign In or Register to comment.