Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (diskusi atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai seperti komputer, java, php, mysql, dll. Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus!
- Bagi Anda yang ingin mendaftar, baca link berikut:
http://diskusiweb.com/discussion/50491/how-to-registrasi-diskusiweb-com-baca-ini-terlebih-dahulu
- Cara menyisipkan kode program supaya tampil rapi dan terformat dengan baik di diskusiweb.com: http://www.diskusiweb.com/discussion/50415/cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb-com
- Cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Perbedaan Baterai Li-o dan Li-Ion

Pernah gak sih kita berpikir apa perbedaan dari baterai Li-Po dan Li-Ion? Sebagai pengguna smartphone yang sudah benar-benar keterbutuhan, terkadang kita sangat tidak memperhatikan perbedaan dari kedua baterai ini, akibatnya, banyak dari kita tidak tau cara merawat baterai hingga tahan lama, sehingga saat rusak, kita asal-asalan mengatakan bahwa rusak karna inilah, karna itulah, bener kan? hadehhh ada-ada saja perilaku kita yang sangat mudah untuk menyalahkan ini hahaha, saya juga dulu seperti itu sih, ups.

Oke, mulai dari sini saya akan menjelaskan secara singkat dan jelas apa sih perbedaan dari kedua baterai ini. Mulai dari pengertian, masalah dari kedua baterai dan juga cara perawatannya. Masih betah untuk baca kan ?!

Li-Ion
Baterai Li-ion atau Lithium-Ion adalah jenis baterai yang menggunakan senyawa lithium sebagai bahan elektroda. Baterai Li-Ion bekerja dengan cara menggerakkan ion lithium dari elektroda negatif ke positif saat dilepaskan. Ion kemudian akan kembali lagi saat di isi ulang.
Baterai Li-Ion adalah baterai yang paling banyak digunakan di dalam perangkat elektronik seperti: Hp, tablet, hingga laptop. Baterai Li-Ion berbentuk kotak, dan bisa menyimpan daya lebih banyak.

Biasanya, baterai Li-Ion digunakan oleh hp keluaran di bawah tahun 2019, seperti Asus Zenfone Max Pro M1 yang menggunakan baterai Li-Ion. Baca Juga: daftar harga hp asus terbaru termurah

Kelebihan:
  1. Bisa menampung daya listrik yang lebih besar dibanding Li-Po
  2. Lebih mudah dirawat
  3. Cocok untuk perangkat hp, nirkabel, dan perangkat elektronik lainnya
Kekurangan:
  1. Tidak tahan panas
  2. Isi ulang baterai berlebihan akan mengurangi daya tahan baterainya sendiri
  3. Rentan meledak
Li-Po
Tidak seperti li-Ion, baterai jenis Li-Po atau Lythium Polymer adalah baterai yang bersifat cair (Liquid). Loh, kok bisa ya? saya juga bingung. Baterai jenis ini menggunakan elektrolit polimer padat dan bisa menghantarkan daya lebih cepat. Karna bisa menghantar daya lebih cepat, baterai ini sering dipake ke Hp dengan fitur fast charging, gitu loh mas mbak. Baterai Li-Po adalah pengembangan dari li-Ion. Baterai Li-Po lebih ramah lingkungan dibanding Li-Ion. Mungkin baterai ini lebih sopan daripada baterai Li-Ion kali yak. Cetaaassss.

Baterai Li-Po fisiknya lebih fleksibel. Karena berbentuk cairan atau gel, baterai jenis ini mudah dibentuk sehingga cocok untuk smartphone yang tipis. Ini alasan mengapa banyak smartphone zaman sekarang menggunakan baterai jenis Li-Po. Lion kayaknya mulai ditingglakan karna kurang ramah lingkungan. Makannya Li-Ion, dulukan ada dan sopan, biar ketenarannya sepert Li-Po. Apaansih -_-.

Salah satu hp yang menggunakan Baterai jenis Li-Po adalah, Huawei P30 Pro.Hp huawei emang bagus-bagus sih, performa dari segi apapun sudah tidak diragukan lagi. Pengen beli hp huawei gak? ini nih daftar harga hp huawei terbaru termurah. Cari aja disitu, lengkap kok, biar kita-kita punya hp yang bagus ya kan hahaha

Kelebihan:
  1. Lebih ramah lingkungan
  2. Lebih tipis dan fleksibel
  3. Lebih aman, dan tidak mudah terbakar
  4. Lebih ringan
Kekurangan:
  1. Biaya pembuatan cukup mahal
  2. membutuhkan charger khusus supaya menyalurkan daya secara optimal
Oke, mungkin sekian dulu informasi yang dapat saya bagikan. Terimakasih kepada blog-blog sebagai sumber tulisan saya.
Saya pamit, tunggu tulisan saya selanjutnya :smiley:

Q: Loh, cara perawatannya mana?
A: Cek aja kekurangan dari baterainya, lalu hindari. Mudah kan? :smile:
Sign In or Register to comment.