Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Klik link berikut untuk informasi cara menyisipkan kode program supaya tampil rapi dan terformat dengan baik di diskusiweb.com: http://www.diskusiweb.com/discussion/50415/cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb-com

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

6 Hal penting yang kamu perlu tahu saat ingin pasang CCTV



Pemakaian CCTV untuk keamanan kini tak hanya melulu digunakan di gedung perkantoran, karena kebutuhan akan keamanan sudah merambah di area residensial atau perumahan. Nah tentunya spesifikasi yang dibutuhkan di dua area ini sangat berbeda. Apa saja yang perlu diketahui untuk memasan CCTV di rumah? Yuk kita simak dan cari tahu bersama.

1. Jenis Kamera



Perlu kamu ketahui kalau jenis CCTV ada berbagai macam dan tipe. Namun ada dua tipe utama dari CCTV, yaitu DVR dan NVR. DVR adalah CCTV yang memiliki basis penyimpanan secara manual ke harddisk atau DVD. Apabila kamu ingin melihat hasilnya maka perlu secara langsung membuka harddisk. Sedangkan NVR adalah CCTV yang penyimpanannya berbasis jaringan. Dengan kata lain CCTV tipe ini dapat kamu lihat secara live melalui smartphone sekalipun.

2. Alat Pendukung



Selain dari perangkat CCTV itu sendiri, kamu perlu tahu beberapa alat pendukungnya seperti perkabelan dan alat penyimpanan. CCTV berjenis DVR memerlukan kabel tipe Coaxial untuk menghubungan ke perangkat penyimpanan. Kabel ini mirip dengan kabel yang sering digunakan untuk perangkat antena televisi. Sedangkan untuk CCTV NVR kamu membutuhkan kabel LAN karena berbasis jaringan internet. Jangan lupa untuk investasikan dana ke monitor pengawas untuk kedua tipe CCTV.

3. Resolusi Kamera



Soal kamera, umumnya resolusi lebih besar berarti gambar yang dihasilkan lebih baik. Namun kualitas gambar sekarang ada faktor X nya yaitu AI atau kecerdasan buatan. AI pada CCTV biasanya berfungsi untuk mempertahankan keutuhan gambar sehingga kita bisa mendapatkan hasil akhir rekaman yang bagus dan utuh.

4. Harddisk untuk penyimpanan



Harddisk sebagai media penyimpanan utama dari CCTV sangat penting perannya. Karena CCTV biasanya digunakan selama 24 jam 7 hari seminggu, tentunya hal ini memerlukan harddisk yang mumpuni. Ketangguhan untuk bertahan dari kerusakan bad sector atau firmware untuk menyelamatkan data saat terjadi kerusakan adalah beberapa fitur penting yang harus dimiliki. Hard disk khusus CCTV di pasaran yang sudah ada contohnya Seagate SkyHawk, lengkap dengan fitur-fitur keamanan serta optimal untuk pengawasan dengan AI.

5. Jumlah Kamera



Ukuran rumah tentunya sangat mempengaruhi jumlah CCTV yang diperlukan. Semakin banyak CCTV nya biasa memerlukan media penyimpanan khusus seperti Seagate Skyhawk yang mampu mengolah streaming data dari hingga 64 kamera HD!

6. Pemulihan Data



Kita tidak selalu memantau monitor CCTV kita, itu namanya kita jadi CCTV untuk CCTV kita. Data CCTV yang sangat berharga bisa jadi rusak bahkan hilang ketika kita ingin mengaksesnya. Pastikan untuk mengecek apakah merek CCTV yang kamu beli punya fitur pemulihan data. Jika tidak, kita bisa memanfaatkan fitur pemulihan data dari hardisk khusus CCTV, seperti Seagate Skyhawk yang memberikan fitur Rescue Data Recovery selama 2 tahun, di samping SkyHawk AI yang terus menjaga keamanan data dengan pintar.
Sign In or Register to comment.