Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll.
Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Klik link berikut untuk informasi cara menyisipkan kode program supaya tampil rapi dan terformat dengan baik di diskusiweb.com: http://www.diskusiweb.com/discussion/50415/cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb-com

Baca cara posting gambar/image di post Anda: http://www.diskusiweb.com/discussion/47345/cara-menyisipkan-menyertakan-image-pada-posting/p1

Input data user login otomatis ter simpan jg

mohon bantuan master cara supaya ketika sy input data user login jg ikut ter save

"INSERT INTO murid(id,nim,tgl,nama,tlahir,tgllahir,alamat,rtrw,desa,kecamatan,kabupaten,provinsi,kls,waliayah,waliibu,alamat2,rtrw2,desa2,kec2,kab2,user)
VALUES ('','$nim','$tgl','$nama','$tlahir','$tgllahir','$alamat','$rtrw','$desa','$kecamatan','$kabupaten','$provinsi','$kls','$waliayah','$waliibu','$alamat2','$rtrw','$desa2','$kec2','$kab2','$_SESSION')");

scrip lengkapnya
<?php
//proses
if(isset($_POST['simpan'])) {
$nim=$_POST['nim'];
$tgl= $_POST['tgl'];
$nama = $_POST['nama'];
$tlahir=$_POST['tlahir'];
$tgllahir=$_POST['tgllahir'];
$alamat=$_POST['alamat'];
$rtrw=$_POST['rtrw'];
$desa=$_POST['desa'];
$kecamatan=$_POST['kecamatan'];
$kabupaten=$_POST['kabupaten'];
$provinsi=$_POST['provinsi'];
$kls=$_POST['kls'];
$waliayah=$_POST['waliayah'];
$waliibu=$_POST['waliibu'];
$alamat2=$_POST['alamat2'];
$rtrw2=$_POST['rtrw2'];
$desa2=$_POST['desa2'];
$kec2=$_POST['kec2'];
$kab2=$_POST['kab2'];
$user=$_POST['user'];
session_start();
$_SESSION['username']
//script validasi data

$cek = mysqli_num_rows(mysqli_query($conn,"SELECT * FROM murid WHERE nim ='$nim'"));
if ($cek > 0){
echo "<script>window.alert('User yang anda masukan sudah ada')
Window.location='index.php'</script>";
}else {
mysqli_query($conn,"INSERT INTO murid(id,nim,tgl,nama,tlahir,tgllahir,alamat,rtrw,desa,kecamatan,kabupaten,provinsi,kls,waliayah,waliibu,alamat2,rtrw2,desa2,kec2,kab2,user)
VALUES ('','$nim','$tgl','$nama','$tlahir','$tgllahir','$alamat','$rtrw','$desa','$kecamatan','$kabupaten','$provinsi','$kls','$waliayah','$waliibu','$alamat2','$rtrw','$desa2','$kec2','$kab2','$_SESSION')");

echo "<script>window.alert('DATA SUDAH DISIMPAN')
window.location='index.php'</script>";
}
}
?>

Comments

  • edited April 16
    "data user login jg ikut ter save"

    data user login nya ada di mana ? $_SESSION itu ?

    $_SESSION kan array mas'e ...
    lha elo ngasih nama index nya apa ?

    $_SESSION['...']
    nama index nya apa ?

    $_SESSION['username'] itu kah ?

    kalo iya ...

    - biasakan pake concatenate string, biar rapi
    - biasakan nulis string pake '...' , bukan "..."
    - jangan biasakan gabung variable pake "... $var ..." , tapi '...' . $var . '...'
    menghindari beban parsing berlebihan di php nya
    - kalo ada quote di dalam quote, diperhatikan dgn baik penulisannya

    mysqli_query($conn,
    'INSERT INTO
    murid(id,nim,tgl,nama,tlahir,tgllahir,alamat,rtrw,desa,kecamatan,kabupaten,provinsi,kls,waliayah,waliibu,alamat2,rtrw2,desa2,kec2,kab2,user)
    VALUES (
    NULL,
    "' . $nim . '",
    "' . $tgl . '",
    "' . $nama . '",
    "' . $tlahir . '",
    "' . $tgllahir . '",
    "' . $alamat . '",
    "' . $rtrw . '",
    "' . $desa . '",
    "' . $kecamatan . '",
    "' . $kabupaten . '",
    "' . $provinsi . '",
    "' . $kls . '",
    "' . $waliayah . '",
    "' . $waliibu . '",
    "' . $alamat2 . '",
    "' . $rtrw . '",
    "' . $desa2 . '",
    "' . $kec2 . '",
    "' . $kab2 . '",
    "' . $_SESSION['username'] . '"
    )'
    );




    btw ...
    	$user=$_POST['user'];
    session_start();
    $_SESSION['username']
    //script validasi data
    itu nulis $_SESSION['username'] di situ buat apa yah ?
  • edited April 16
    data user loginnya ada di table user dan sdh ada form login mas.
    data ini $_SESSION['username'] rencarnanya supaya user yg sudah login tersave ke table murid, tp gagal gmn caranya?
    bukankah user yg sdh login tersimpan di tmp xampp mas, seihingga tinggal manggil?
  • maksudnya gimana ?
    proses login elo kaya apa ?



    elo nulis begini :
    	$user=$_POST['user'];
    session_start();
    $_SESSION['username']
    //script validasi data
    kira-kira sama kan dgn penulisan spt ini ?
    <?php
    $a = 1;
    $b = 2;
    $c

    echo '123';
    ?>
    ndak akan tercetak '123' ... tapi yg muncul ini :
    Parse error: syntax error ... in script.php on line xxx
  • edited April 17
    sy coba ganti seperti yg disarankan mas
    <?php
    //koneksi
    ini_set('display_errors',1);
    error_reporting(E_ALL);

    $conn = mysqli_connect('localhost','root',' ');
    mysqli_select_db($conn,'madrash');
    ?>

    <!DOCTYPE html>
    <html>
    <head>
    <title>Cara Membuat Validasi Menghindari Duplicate Entry Menggunakan PHP</title>
    </head>
    <body>
    <form action='' method='post'>
    <table>
    <tr>
    <td>Nim</td>
    <td><input type='text' name='nim' placeholder='Tulis NIM'></td>
    </tr>

    <tr>
    <td>Tgl</td>
    <td><input type='date' id='date' placeholder='Tulis Tanggal'></td>
    </tr>
    <tr>
    <td>Nama</td>
    <td><input type='text' name='nama' placeholder='Tulis Nama'></td>
    </tr>
    <tr>
    <td>Tempat Lahir</td>
    <td><input type='text' name='tlahir' placeholder='Tulis Tempat Lahir'></td>
    </tr>
    <tr>
    <td>Tanggal Lahir</td>
    <td><input type='date' id='date' name='tgllahir' placeholder='Tulis Tgl Lahir'></td>
    </tr>
    <tr>
    <tr>
    <td>Alamat</td>
    <td><input type='text' name='alamat' placeholder='Tulis Alamat'></td>
    </tr>
    <td>RT/RW</td>
    <td><input type='text' name='rtrw' placeholder='Tulis RT RW'></td>
    </tr>
    <tr>
    <td>Desa</td>
    <td><input type='text' name='desa' placeholder='Tulis Kelurahan'></td>
    </tr>
    <tr>
    <td>Kecamatan</td>
    <td><input type='text' name='kecamatan' placeholder='Tulis Kecamatan'></td>
    </tr>
    <tr>
    <td>Kabupaten</td>
    <td><input type='text' name='kabupaten' placeholder='Tulis Kabupaten'></td>
    </tr>
    <tr>
    <td>Provinsi</td>
    <td><input type='text' name='provinsi' placeholder='Tulis Provinsi'></td>
    </tr>
    <tr>
    <tr>
    <td>Kelas</td>
    <td><input type='text' name='kls' placeholder='Tulis Kelas'></td>
    </tr>
    <tr>
    <td>Ayah/Wali</td>
    <td><input type='text' name='waliayah' placeholder='Tulis Orang Tua'></td>
    </tr>
    <tr>

    <tr>
    <td>Ibu/Wali</td>
    <td><input type='text' name='waliibu' placeholder='Tulis Ibu'></td>
    </tr>
    <tr>
    <tr>
    <td>Alamat</td>
    <td><input type='text' name='alamat2' placeholder='Tulis Alamat'></td>
    </tr>
    <tr>

    <td>RT/RW</td>
    <td><input type='text' name='rtrw2' placeholder='Tulis RT_RW'></td>
    </tr>
    <tr>
    <td>Desa</td>
    <td><input type='text' name='desa2' placeholder='Tulis Desa'></td>
    </tr>
    <tr>
    <td>Kecamatan</td>
    <td><input type='text' name='kec2' placeholder='Tulis Kecamatan'></td>
    </tr>
    <tr>
    <td>Kab2</td>
    <td><input type='text' name='kab2' placeholder='Tulis Kabupaten'></td>
    </tr>


    <tr>
    <td><input type='submit' name='simpan' value='simpan'></td>
    </tr>
    </table>
    </form>
    </body>
    </html>

    <?php
    //proses
    if(isset($_POST['simpan'])) {
    $nim=$_POST['nim'];
    $tgl= $_POST['tgl'];
    $nama= $_POST['nama'];
    $tlahir=$_POST['tlahir'];
    $tgllahir=$_POST['tgllahir'];
    $alamat=$_POST['alamat'];
    $rtrw=$_POST['rtrw'];
    $desa=$_POST['desa'];
    $kecamatan=$_POST['kecamatan'];
    $kabupaten=$_POST['kabupaten'];
    $provinsi=$_POST['provinsi'];
    $kls=$_POST['kls'];
    $waliayah=$_POST['waliayah'];
    $waliibu=$_POST['waliibu'];
    $alamat2=$_POST['alamat2'];
    $rtrw2=$_POST['rtrw2'];
    $desa2=$_POST['desa2'];
    $kec2=$_POST['kec2'];
    $kab2=$_POST['kab2'];
    $user=$_SESSION['username'];
    //script validasi data

    $cek = mysqli_num_rows(mysqli_query($conn,"SELECT * FROM murid WHERE nim ='$nim'"));
    if ($cek > 0){
    echo '<script>window.alert('User yang anda masukan sudah ada')
    Window.location='index.php'</script>';
    }else {
    mysqli_query($conn,'INSERT INTO
    murid(id,nim,tgl,nama,tlahir,tgllahir,alamat,rtrw,desa,kecamatan,kabupaten,provinsi,kls,waliayah,waliibu,alamat2,rtrw2,desa2,kec2,kab2,user)
    VALUES (
    NULL,
    "' . $nim . '",
    "' . $tgl . '",
    "' . $nama . '",
    "' . $tlahir . '",
    "' . $tgllahir . '",
    "' . $alamat . '",
    "' . $rtrw . '",
    "' . $desa . '",
    "' . $kecamatan . '",
    "' . $kabupaten . '",
    "' . $provinsi . '",
    "' . $kls . '",
    "' . $waliayah . '",
    "' . $waliibu . '",
    "' . $alamat2 . '",
    "' . $rtrw . '",
    "' . $desa2 . '",
    "' . $kec2 . '",
    "' . $kab2 . '",
    "' . $user . '"
    )'
    );//'INSERT INTO murid(id,nim,tgl,nama,tlahir,tgllahir,alamat,rtrw,desa,kecamatan,kabupaten,provinsi,kls,waliayah,waliibu,alamat2,rtrw2,desa2,kec2,kab2,user)
    //VALUES //('','$nim','$tgl','$nama','$tlahir','$tgllahir','$alamat','$rtrw','$desa','$kecamatan','$kabupaten','$provinsi','$kls','$waliayah','$waliibu','$alamat2','$rtrw','$desa2','$kec2','$kab2','$a')');//

    echo '<script>window.alert('DATA SUDAH DISIMPAN')
    window.location='index.php'</script>';
    }
    }
    ?>
  • edited April 16
    form login
    <?php
    include "koneksi.php";
    session_start();
    if (isset($_SESSION['username'])){
    header ("location:index.php");
    }
    ?>
    <html>
    <head>
    <title>LOGIN</title>
    </head>
    <body>
    <form method="post" name="login" action="cek_login.php">
    <table border=0 align="center" cellpadding=5 cellspacing=0>
    <tr>
    <td colspan=3><center><font size=5>LOGIN</font></center></td>
    </tr>
    <tr>
    <td>Username</td>
    <td>:</td>
    <td><input type="text" name="username"></td>
    </tr>
    <tr>
    <td>Password</td>
    <td>:</td>
    <td><input type="password" name="password"></td>
    </tr>
    <tr>
    <td colspan=2></td>
    <td><input type="submit" name="submit" value="LOGIN"></td>
    </tr>
    <tr>
    <td colspan=3><a href="daftar.php">DAFTAR</a></td>
    </tr>
    </table>
    </form>
    </body>
    </html>
  • edited April 16
    verifikasi user login
    <?php
    include "koneksi.php";
    $username = $_POST['username'];
    $password = $_POST['password'];
    if (empty($username)){
    echo "<script>alert('Username belum diisi')</script>";
    echo "<meta http-equiv='refresh' content='1 url=login.php'>";
    }else if (empty($password)){
    echo "<script>alert('Password belum diisi')</script>";
    echo "<meta http-equiv='refresh' content='1 url=login.php'>";
    }else{
    session_start();
    $login = mysql_query("select * from user where username='$username' and password='$password'");
    if (mysql_num_rows($login) > 0){
    $_SESSION['username'] = $username;
    header("location:index.php");
    }else{
    echo "<script>alert('Username atau Password salah')</script>";
    echo "<meta http-equiv='refresh' content='1 url=login.php'>";
    }
    }

    ?>
  • sudah bener,
    ada masalah di mana lagi ?
  • Terima kasih, sy bs faham,Maf sblumx, mdh2 tdk buat mas/mbk labalaba tdk keberatan dn terainggung, soalnya sy hanya belajar dr baca, klo berkenan bs g sy kursus supaya bs faham
  • edited April 16
    maf, stlh dicb ada error
    Parse error: parse error, expecting `','' or `';'' in C:\xampp\htdocs\murid\test\registrasi.php on line 138, apa kira2?, mohon penjelasannya,
  • edited April 16
    echo 'window.alert('User yang anda masukan sudah ada')
    Window.location='index.php'';

    kan sudah gw tulis ...
    labalaba said:

    - kalo ada quote di dalam quote, diperhatikan dgn baik penulisannya

    itu kan mesti diganti double-quote yg di dalam

    echo 'window.alert("User yang anda masukan sudah ada")
    Window.location="index.php"';



    baca aja ... gw ambilin dari posting lama ...
    jerapah said:

    ...
    mana bisa string pake pengapit "..." ditengahnya ada "..." lagi ...

    kagak paham penggunaan quote kah ?
    makanya gw tulis :

    "...
    coba dah pake php,
    cara elo echo string spt ini kaya apa ?

    ini "ibu" 'BUDI', dan ini "bapak" 'BUDI'
    ..."

    karena dari situ elo bakal paham ...

    kalo pengapit string elo pake '...'
    echo elo harus jadi :

    echo 'ini "ibu" \'BUDI\', dan ini "bapak" \'BUDI\'';

    kalo pengapit string elo pake "..."
    echo elo harus jadi :

    echo "ini \"ibu\" 'BUDI', dan ini \"bapak\" 'BUDI'";

    kalo quote yg sama kagak elo escape, pasti bakal error

    ini dasar koding
    kagak peduli bahasa pemrograman yg dipake

    . said:

    ...
    ini aturan concatenate string :
    $s = array( 'index' => 'def' );
    echo "abc $s['index'] ghi"; // salah
    echo "abc $s[index] ghi"; // bisa

    echo "abc {$s[index]} ghi"; // notice undefined index
    echo "abc {$s['index']} ghi"; // bisa
    echo "abc " . $s['index'] . " ghi"; // bisa
    echo 'abc ' . $s['index'] . ' ghi'; // bisa dan lebih baik

    ...

    kenapa hijau lebih baik ?

    php bakal memparsing string " ... " (pake dobel quote), mencari kemungkinan variabel yg ada ditengah utk di replace dgn nilai sebenernya

    sementara ' ... ' , artinya elo dari awal sudah "bilang" ke php nya : "kagak usah elo parsing, ini fixed string, langsung aja elo pake"
    kalo ada concatenate dgn variabel, elo pake operator . (dot / titik)

    hanya memperingan kerja parser php nya

  • edited April 16
    Sy tdk fahan dg istilah parsing?
    dn kenapa pakek '".$nama."' Mhon penjelasannya kelebihan dm kekurangannnya?
    maaf blum mudeng maklum masih pemula perlu baxk arahan, trim
  • Terima kasih bxk ilmux, smg bs manfaat pd yg lain
  • edited April 16
    Terima kasih yg sebanyak2nya, sy bs faham, mdh2an trus bertambah faham
  • edited April 17
    php itu cuma interpreter
    script php selalu butuh interpreter php buat menjalankannya

    beda ama compiler sejenis delphi
    setelah selesai di compile, program sudah jadi executable dalam bahasa mesin
    sudah ndak butuh delphi nya lagi

    tapi saat awalnya, sama ...
    dari koding yg ditulis pake bahasa yg lebih "manusiawi" akan diproses token per token (kata per kata, perintah per perintah) buat diterjemahkan menjadi bahasa mesin (ini compiler) atau diterjemahkan menjadi perintah yg executable di engine interpreter nya

    prosesnya jalan urut, dari baris pertama sampai terakhir

    proses pembacaan dan penterjemahan itu yg disebut parsing

    --------------------------------------------------
    di php itu mengenali 2 pembatas string
    '..........' dan ".........."

    bedanya, yg '..........',
    biarpun elo menulis variable di dalamnya, ndak akan diterjemahkan dgn isinya
    $a = 'abc';
    echo 'ini variable $a';

    yg tercetak beneran tulisan : ini variable $a
    bukan : ini variable abc

    artinya kalo elo nulis pake '..........' , php ndak akan memproses isinya dgn mencari kemungkinan ada variable di dalamnya buat diganti dgn isinya

    sementara kalo elo pake ".........."
    php bakal mencari kemungkinan adanya variable di dalamnya buat diganti dgn isinya
    ada proses tambahan
    biarpun elo cuma nulis : echo "ini ibu budi";
    php tetep memproses string itu buat mencari kemungkinan ada variable di dalam string itu

    kalo manusia bisa langsung liat, echo "ini ibu budi";
    langsung bisa liat ndak ada variable di situ
    tapi mesin bukan manusia, mesti diproses 1-1
    ada kemungkinan isinya :
    - echo "$varini ibu budi";
    - echo "i$varni ibu budi";
    - echo "in$vari ibu budi";
    ... dst ...

    ada proses tambahan saat parsing, biarpun yg elo tulis cuma fixed string



    makanya dibilang, kalo nulis fixed string, biasakan pake :
    '..........'

    kalo butuh penggabungan ama variable, pake operand dot :
    '..........' . $var

    dan kalo biasa nulis kaya begini, seandai bertemu dgn array juga biasa saja :
    '..........' . $array['index']

    tapi mau pake '..........' atau "..........", kalo mau menulis quote di dalam quote ya tetep harus diperhatikan baik-baik

    kalo sudah pake '..........' buat string, kalo di dalamnya mau nulis quote
    - kalo yg mau dipake " ... bisa ditulis langsung
    echo 'ini "ibu" budi';

    - kalo yg mau dipake ' ... itu harus di escape, karena pengapit yg di luar juga pake '
    echo 'ini \'ibu\' budi';
  • terima kasih byk sy udh ngerti skrg, dn mdh2an trus bs nimba ilmu
  • edited April 17
    stlh sy cob hasilnya ada, apa mksd dr error itu?

  • kalo elo mau pake variable $_SESSION, elo harus menjalankan session_start() terlebih dahulu di tiap script yg pake $_SESSION

    itu di file registrasi.php ndak ada session_start() nya

    tulis aja paling atas sendiri, setelah <?php
  • stlh dicb keterangan sukses, tp didatabase kosong....

  • maaf, sy pakek xampp-win32-5.6.15-1 apa ada hubungannya?
  • edited April 17
    lha isian form nya sudah diisi atau belum ?

    lalu field-field table nya elo definisikan kaya apa ?
    type-type field nya apa ?

    itu ada tanggal, kalo elo pake mysql, kalo pake type DATE,
    kalo mau INSERT formatnya yyyy-mm-dd
    ndak bisa yg lain

    kalo mau isian pake format lain bisa,
    tapi sebelum INSERT, elo harus bisa memroses isian buat membalik tanggal jadi format yyyy-mm-dd
  • edited April 17
    nah utk formt tgl itu mulai kemaren cr cx formatnya yyyy-mm-dd blum bs..., karen itu cm cr di goole
    table yg sy pakek,
    mhon pencerahannya....terim ksh bxk
     <?php    
    CREATE TABLE `murid` (
    `id` int(11) NOT NULL AUTO_INCREMENT,
    `nim` int(8) NOT NULL,
    `tgl` date NOT NULL,
    `nama` varchar(50) NOT NULL,
    `tlahir` varchar(50) NOT NULL,
    `tgllahir` date NOT NULL,
    `alamat` varchar(150) NOT NULL,
    `rtrw` char(6) NOT NULL,
    `desa` varchar(100) NOT NULL,
    `kecamatam` varchar(100) NOT NULL,
    `kabupaten` varchar(100) NOT NULL,
    `provinsi` int(100) NOT NULL,
    `kls` int(11) NOT NULL,
    `waliayah` varchar(50) NOT NULL,
    `waliibu` varchar(50) NOT NULL,
    `alamat2` varchar(100) NOT NULL,
    `rtrw2` varchar(100) NOT NULL,
    `desa2` varchar(100) NOT NULL,
    `kec2` varchar(100) NOT NULL,
    `user` varchar(25) NOT NULL,
    PRIMARY KEY (`id`)
    ) ENGINE=MyISAM DEFAULT CHARSET=latin1
    ?>

  • edited April 17
    ...
    `tgl` date NOT NULL,
    ...
    `tgllahir` date NOT NULL,
    ...

    2 isian itu formatnya harus yyyy-mm-dd



    elo tambahin ini aja wis ...

    mysqli_query($conn,'INSERT INTO
    murid(...)
    VALUES (...)'
    ) or die(mysqli_errno($conn).': '.mysqli_error($conn));

    kalo ada pesan error yg nungul, posting kemari
  • edited April 17
    alhamdulillah sdh sukes, terima ksih bxk, sy lanjut dlu
  • cm ditanggal tersave 000.00.00, gmn crx spt tersave format yyyy-mm-dd
  • koding posting kemari
  • edited April 17
    brusan sy cb sprti ini sukses, apa ada yg krg bagus mnrut mas...

    cm skrg NIM double masih bs ke save? apa penyebabnya?
    <?php
    $tgl = date('yyy-mm-dd');
    $tgllahir = date('yyy-mm-dd');
    //proses
    if(isset($_POST['simpan'])) {
    $nim=$_POST['nim'];
    $tgl= $_POST['tgl'];
    $nama= $_POST['nama'];
    $tlahir=$_POST['tlahir'];
    $tgllahir=$_POST['tgllahir'];
     
    $cek = mysqli_num_rows(mysqli_query($conn,'SELECT * FROM murid WHERE nim ="$nim"'));
    if ($cek > 0){
    echo '<script>window.alert("NIM yang anda masukan sudah ada")
    Window.location="index.php"</script>';?>
  • ndak salah itu format nya ?
    http://php.net/manual/en/function.date.php

    kalo mau bikin format yyyy-mm-dd di php itu
    date('Y-m-d')



    tapi apa gunanya elo nulis
    $tgl = date('yyy-mm-dd');
    $tgllahir = date('yyy-mm-dd');

    kalo di bawahnya elo timpa isinya pake
    $tgl= $_POST['tgl'];
    $tgllahir=$_POST['tgllahir'];

    ndak ada gunanya elo nulis yg awal, lha wong isinya langsung ditimpa



    ada cara gampang di php, biarpun hasilnya kadang juga salah
    tergantung yg di input user

    php punya strtotime()
    http://php.net/manual/en/function.strtotime.php
    <?php
    $d='31-01-2017'; // dd-mm-yyyy
    $e=strtotime($d);
    echo date('Y-m-d',$e); // 2017-01-31 ... benar

    echo '<br>';

    $d='4-1-2017'; // d-m-yyyy
    $e=strtotime($d);
    echo date('Y-m-d',$e); // 2017-01-04 ... benar

    echo '<br>';

    $d='4-28-2017'; // m-d-yyyy
    $e=strtotime($d);
    echo date('Y-m-d',$e); // 1970-01-01 ... salah

    echo '<br>';

    $d='31/01/2017'; // dd/mm/yyyy
    $e=strtotime($d);
    echo date('Y-m-d',$e); // 1970-01-01 ... salah

    echo '<br>';

    $d='01/31/2017'; // mm/dd/yyyy
    $e=strtotime($d);
    echo date('Y-m-d',$e); // 2017-01-31 ... benar

    echo '<br>';

    $d='1/4/2017'; // m/d/yyyy
    $e=strtotime($d);
    echo date('Y-m-d',$e); // 2017-01-04 ... benar

    echo '<br>';

    $d='2017-1-4'; // yyyy-m-d
    $e=strtotime($d);
    echo date('Y-m-d',$e); // 2017-01-04 ... benar
    ?>
    elo bisa pake strtotime() digabung ama date()

    $tgl= date('Y-m-d',strtotime($_POST['tgl']));

    jadi di isian elo bisa isi pake format : dd-mm-yyyy atau mm/dd/yyyy atau yyyy-mm-dd

    otomatis bakal dikonversi sendiri jadi yyyy-mm-dd yg bisa masuk database
  • trim ksh ilmux
  • stlh dicb bgni jdi ada error
    <?php
    $tgl = date('y-m-d',strtotime($_POST['tgl']));
    $tgllahir = date('y-m-d',strtotime($_POST['tgllahir']));

    Notice: Undefined index: tgl in C:\xampp\htdocs\murid\test\registrasi.php on line 112

    Notice: Undefined index: tgllahir in C:\xampp\htdocs\murid\test\registrasi.php on line 113
  • gw nulis apa, kok jadinya beda ?

    itu gw nulis 'Y-m-d' ... kok bisa jadi 'y-m-d' ?

    itu $_POST, artinya ya mesti ada yg dikirim dari form
    emang elo langsung buka script nya ?
    tanpa kirim isian form ?
  • heheh, maaf krg teliti, term ksh sukses
Sign In or Register to comment.