Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll. Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb
Kalau email konfirmasi tidak masuk-masuk, tolong cek folder Spam di email Anda.
Instalasi file tar.gz / tar.bz2 di Linux
  • kr1st0kr1st0
    Posts: 30
    File dengan tipe tar.gz ataupun tar.bz2, merupakan tipe file yang mungkin akan sering dijumpai di linux. Tipe file ini sebenarnya merupakan salah satu tipe file kompresi seperti layaknya zip, rar, 7z ataupun yang lain. Di linux, tipe file ini bisa dipakai untuk memaketkan atau memampatkan file binary yang siap pakai ataupun file source code yang memerlukan kompilasi terlebih dahulu agar kita dapat menggunakan aplikasi tersebut.

    Bagi pengguna linux pemula, bertemu dengan file ini mungkin merupakan hal yang cukup membingungkan karena bila dilihat dari distribusi yang dipakai misalnya saja dari Ubuntu yang sistem pemaketan aplikasinya berbasiskan deb seperti Debian ataupun OpenSuSE yang sistem pemaketan aplikasinya berbasiskan rpm seperti redhat akan berbeda cara perlakuannya.

    Secara umum, file bertipe tar.gz bisa berisi source code dari sebuah aplikasi, file binary yang tinggal pakai tetapi dimampatkan agar mudah untuk mendistribusikannya, atau merupakan kumpulan file-file yang memang dimampatkan agar pengelolaan file menjadi lebih mudah dan menghemat media penyimpanan. Pada tulisan ini, yang dibahas adalah tipe file tar.gz yang berisi source code atau binary pada distribusi OpenSuSE. Untuk distribusi linux lainnya, langkah-langkahnya hampir sama.

    Langkah-langkah untuk melakukan instalasi file bertipe tar.gz ataupun tar.bz2 dengan jenis file yang dimampatkan adalah binary, sebagai berikut.
    1. Setelah proses pengunduhan selesai, letakkan file tersebut pada direktori yang baru (ex. contoh) melalui file manager (nautilus / dolphin)
    2. Masuk ke direktori contoh
    3. Ekstrak file tersebut, bila menggunakan file manager pilih file tersebut dan klik tombol mouse kanan sehingga muncul sebuah menu kemudian pilih perintah extract here atau extract archive here
    4. Klik ganda file yang memiliki icon roda gigi
    Untuk file bertipe tar.gz ataupun tar.bz2 yang berisi file binari, langkah-langkah diatas sudah selesai dan dengan melakukan klik ganda pada file dengan ikon roda gigi, aplikasi akan berjalan. Bila file tersebut sudah di klik ganda tetapi belum berjalan aplikasinya, ada baiknya di lihat permission dari file tersebut. Bila permission execute belum di set, set terlebih dahulu permission execute untuk file tersebut.

    Sedangkan untuk file bertipe tar.gz ataupun tar.bz2 yang berisi file source code, langkah-langkah untuk melakukan instalasi adalah
    1. Buka konsole
    2. Buat sebuah direktori baru (ex. contoh)
    3. Copy file tar.gz atau tar.bz2 ke direktori baru tersebut
    4. Masuk ke direktori baru tersebut
    5. Ekstrak file, untuk tipe tar.gz gunakan perintah tar zxvf nama_file.tar.gz, untuk tipe tar.bz2 gunakan perintah tar jxvf nama_file.tar.bz2
    6. Setelah proses ekstraksi selesai, cari file yang bernama README ataupun INSTALL, buka dan baca file tersebut. Pada file tersebut biasanya terdapat petunjuk untuk melakukan instalasi. Untuk membuka file README atau INSTALL, gunakan teks editor seperti vi atau nano.
    7. Langkah selanjutnya setelah paham apa yang dibutuhkan ataupun apa saja yang bisa dilakukan adalah kompilasi. Untuk melakukan kompilasi ketikkan perintah ./configure yang secara otomatis akan melakukan kompilasi terhadap file-file source code yang sudah di ekstrak. Kompilasi dari source code dapat dilakukan secara lancar bila kompiler yang dibutuhkan tersedia di sistem. Bila tidak tersedia, biasanya pada proses kompilasi akan terhenti dan akan terdapat pesan bahwa file xxxx not found atau yang sejenis. Ini menandakan bahwa kompiler yang dibutuhkan tidak tersedia dan berarti Anda harus melakukan instalasi paket yang diperlukan. Setelah itu ulang lagi dengan perintah ./configure, bila semua persyaratan dipenuhi, proses kompilasi akan berjalan sempurna.
    8. Setelah proses kompilasi, ketikan perintah make
    9. Pada langkah ke sembilan ini merupakan langkah untuk menempatkan hasil kompilasi ke dalam sistem, untuk itu pindah dari user aktif sekarang menjadi user root dan kemudian ketikan perintah make install
    10. Selesai, bila file gagal terinstal, baca sekali lagi file README ataupun INSTALL dengan teliti barangkali ada yang terlupakan untuk dilakukan atau disediakan. Jangan lupa bila masih belum menemukan jawabannya, cari informasi berdasarkan pesan yang diberikan di mesin pencari seperti google.
    Proses instalasi file dengan tipe tar.gz ataupun tar.bz2 selesai dan Selamat mencoba....

Selamat datang,

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Tagged

Top Posters