Tolong pilih kategori sesuai, jenis posting (pertanyaan atau bukan) dan sertakan tag/topik yang sesuai misal komputer, php, mysql, dll. Promosi atau posting tidak pada tempatnya akan kami hapus.
Mencantumkan kode program di posting Anda, tolong ikuti aturan yang sesuai, baca http://diskusiweb.com/discussion/39204/aturan-cara-menyisipkan-kode-program-di-diskusiweb
Kalau email konfirmasi tidak masuk-masuk, tolong cek folder Spam di email Anda.
Internet Download Manager-nya Linux
  • kr1st0kr1st0
    Posts: 30
    Saat berpindah ke sistem operasi linux, penulis yang senang sekali melakukan download entah itu tutorial, aplikasi ataupun file berukuran besar sempat bingung. Sebab aplikasi semacam Internet Download Manager di linux banyak sekali dan saat itu yang penulis kenal hanya melalui terminal/konsole. Sehingga tampilannya tidak begitu menarik serta harus menghafalkan beberapa opsi agar proses download bisa berjalan seperti aplikasi Internet Download Manager yang berjalan di sistem operasi Microsoft Windows.

    Karena hal tersebut, penulis mencari tahu aplikasi apa yang bisa dipadankan dengan Internet Download Manager di linux dengan memanfaatkan mesin pencari Google. Kemudian setelah melakukan beberapa kali klik link yang disediakan oleh google dan beberapa keyword, akhirnya menemukan salah satu aplikasi download manager yang berbasiskan gui dan cukup sederhana untuk melakukan proses download seperti layaknya Internet Download Manager. Meskipun opsi yang ditawarkan tidak semewah aplikasi Internet Download Manager tetapi sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan penulis.

    Nama aplikasi tersebut adalah proz dan memiliki dua alternatif untuk melakukan kegiatan download. Alternatif yang disediakan oleh aplikasi proz adalah proz yang berbasis teks atau berjalan di konsole/terminal dan proz yang berbasis gui atau sering disebut dengan prozgui yang dapat berjalan di window manager manapun karena dibangun dengan menggunakan tools FLTK.

    Sayang sekali, karena penulis menggunakan sistem operasi linux opensuse dimana pada distribusi linux ini tidak tersedia paket aplikasi proz yang berbasiskan teks dan yang tersedia adalah prozgui, maka pada tulisan ini yang akan diceritakan adalah prozgui. Agar dapat memanfaatkan prozgui, terlebih dahulu lakukan instalasi prozgui. Paket aplikasi prozgui bisa diperoleh melalui website software.opensuse.org kemudian ketikan pada tempat untuk melakukan pecarian kata prozgui. Tunggulah beberapa saat sehingga nampak hasilnya seperti gambar dibawah ini


    download prozgui


    Kemudian klik tombol 1-Click Install agar proses instalasi bisa berjalan secara instant, jangan lupa untuk memasukkan password dari user root saat diminta sebelum proses instalasi dimulai.
    Setelah selesai proses instalasi, untuk mengaktifkan aplikasi prozgui cobalah buka melalui application launcher di bagian menu internet. Bila prozgui tidak tertera di bagian tersebut, untuk mengaktifkan aplikasi prozgui dapat dilakukan memalui jendela run dengan menekan kombinasi tombol ALT+F2 kemudian ketikan pada kotak run, prozgui dan tekan tombol enter. Maka aplikasi prozgui akan muncul seperti gambar dibawah.


    Main Window
    Sampai disini proses instalasi dan menjalankan aplikasi prozgui sudah selesai. Proses download dapat dilakukan melalui menu File kemudian pilih New URL atau dengan menekan kombinasi tombol SHIFT+CTRL+N
    Paste / tempelkan alamat pada kotak yang disediakan kemudian klik tombol Ok dan proses download akan segera dimulai (lihat gambar dibawah)

    Download Window
    Pada aplikasi prozgui ini kita bisa melakukan resume download bila server penyedia fasilitas download mendukung feature resume download jadi proses download bisa dilanjutkan pada waktu lain.
    Seting pada prozgui dapat dilakukan melalui menu File -> Preference atau dengan menekan kombinasi tombol SHIFT + CTRL + P sehingga akan muncul tampilan seperti gambar berikut

    Preference Window
    Selamat mencoba.............

Selamat datang,

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Tagged

Top Posters